Tren Positif Pertumbuhan Ekonomi Era Jokowi Bawa Optimisme Menuju Indonesia Emas 2045


 

Pertumbuhan ekonomi nasional di bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini terus melesat. Beragam program dan kebijakan yang direalisasikan Jokowi dinilai mampu menjaga ekonomi Indonesia berada pada tren positif.

Guru Besar Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Heri Yanto mengatakan, optimisme ini tak lepas dari keberhasilan Presiden Jokowi dalam membangun fondasi melalui pemerataan infrastruktur selama delapan tahun memimpin Indonesia.

“Saya juga optimis kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus positif di tahun-tahun yang akan datang,” kata Heri kepada wartawan, seperti dikutip Kamis (12/1/2023).

Dia pun mengapresiasi keberhasilan Jokowi dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional di tengah situasi global yang tidak pasti. Ia yakin, tren baik yang ditunjukkan Jokowi ini adalah fondasi untuk menuju Indonesia Emas 2045 mendatang.

“Saya yakin visi di tahun 2045 Indonesia menjadi negara yang lebih makmur. Itu saya sangat optimis,” ujar Heri.

Selain penguatan dari sisi ekonomi bangsa, Jokowi juga fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM). Apalagi Jokowi juga terus mendorong industri digital tumbuh sebagai sarana melahirkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing global.

“Saat sekarang memang tantangan tidak kecil. Tantangan itu besar sekali apalagi persaingan global semakin meningkat. Tetapi dengan kebijakan dari pemerintahan Jokowi yang saat ini meningkatkan inovasi khususnya untuk industri digital itu sudah on the right track,” ucap Heri memungkasi.

Pertumbuhan ekonomi nasional di bawah kepemimpinan Jokowi memang terus membaik. Pada Triwulan III tahun 2022, Jokowi berhasil memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,72 persen. Bahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan oleh sejumlah pakar akan terus stabil di angka 5 persen hingga tahun 2045.

 


Sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama