Jokowi Kembali Tiba di Bali, Langsung Bertemu Joe Biden Jelang G20

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan kembali tiba di Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (14/11/2022) setikar pukul 11.30 Wita. Usai tiba di Bali, Jokowi langsung bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Ia tiba bersama istrinya Iriana Jokowi dengan dikawal ketat iring-iringan menuju kawasan Nusa Dua. Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sebelumnya, Jokowi telah tiba di Bali, Minggu (13/11/2022) malam, usai melakukan lawatan KTT ASEAN di Kamboja. Jokowi turun dari pesawat kepresidenan sekitar pukul 20.15 Wita. Berdasarkan informasi dihimpun, Jokowi langsung terbang ke Solo usai menjamu para delegasi KTT G20, yang tiba Minggu (13/11/2022), di kawasan Nusa Dua.

Sementara itu pantauan detikBali di lokasi siang ini, situasi pengamanan di area sekitar terminal bandara tampak diperketat saat kedatangan Jokowi. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (paspamres) dan aparat gabungan seperti TNI dan Polri terlihat berjaga dan mengamankan lokasi.

Meski demikian, pengendara masih bisa melintas dan diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut. Selain Jokowi, turut hadir Kapolri Jendral Listyo Sigit, yang sudah berada di Bali sejak persiapan pengamanan KTT G20.

Jokowi langsung melakukan pertemuan bilateral dengan Joe Biden di Bali, jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Jokowi terlihat mengenakan jas berwarna hitam, sedangkan Joe Biden menggunakan jas berwarna biru. Keduanya duduk di kursi berhadapan, dengan bendera Indonesia dan AS di atas meja.

Mereka tampak bersalaman dalam pertemuan yang juga diikuti sejumlah pejabat yang mendampingi. Jokowi mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kedatangan Joe Biden di KTT G20.

"Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Biden di KTT G20 di Bali. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Joe Biden dan besok kita akan mulai melakukan KTT G20. Saya juga berharap KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global," ujar Jokowi.

Dilansir dari detikNews, Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed sempat meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022) pagi. Mereka tiba di lokasi sekitar pukul 07.00 WIB, dan tampak langsung masuk ke dalam masjid raya.

Jokowi dan Mohammed bin Zayed tampak akrab, mereka sempat berbincang dan tertawa sambil berjalan menuju masjid raya. Setibanya di dalam, Jokowi dan Mohammed bin Zayed beserta jajaran langsung menunaikan salat. Usai salat bersama, Jokowi dan Mohammed bin Zayed menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian masjid raya tersebut.

Selain Jokowi, terlihat juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut Presiden Mohammed bin Zayed. Keduanya juga sempat bersalaman dan berbincang singkat.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama